Setelah Diprotes Publik, IG Kementan Edit Poster "Donasi 1000 Ton Beras Somalia"


Islamedia - Akun Instagram Kementrian Pertanian akhirnya mengunggah revisi banner Donasi 1000 Ton Beras Somalia dengan mencantumkan kata ACT. "Inisiatif ACT: Beras Indonesia untuk kemanusiaan Somalia" tulis akun @kementerianpertanian, selasa(13/6/2017) pagi.

Pencantuman nama ACT ditengarai sebagai respon atas protes publik atas unggahan banner yang dilaukan akun IG Kementana pada hari jum'at(9/6/2017) yang sama sekali tidak menyebut nama ACT, padahal banner tersebut merupakan program 1000 ton beras untuk rakyat Somalia yang digagas oleh lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). (baca: Akun Instagram Kemetrian Pertanian Pasang Poster Donasi 1000 Ton Beras Somalia Milik ACT).

Selain penambahan nama "Melalui ACT", pada banner yang baru juga terjadi perubahan dari kata Pemerintah Indonesia menjadi Masyarakat Indonesia.

Setelah dilakukan editing banner, akun IG Kementan dibanjiri komentar oleh para netizen yang menyayangkan pihak Kementan yang tidak meminta maaf terlebih dahulu kepada ACT.

"Buat yg mau lihat postingan asli, yang belum diedit, lihat bbrp post sebelum ini. Ga ada minta maaf pula. Minimal mention akun ybs kek. Undang ke istana sekalian berterimakasih. Ga susah kayaknya" tulis akun @chiirraggs. 

Sementara itu, Presiden ACT Ibnu Khajar mengatakan, bahwa masyarakat sudah cerdas dan pasti sudah mengetahui bahwa program tersebut pasti bukan dari pemerintah. “ACT yakin bahwa masyarakat sudah cerdas. Kita membiarkan saja klaim ini karena pada dasarnya masyarakat juga tahu bahwa ini bukan kerja pemerintah,” tegasnya.

[islamedia]