Berita Hoax : Tabrakan Beruntun Rombongan Umroh Ramadhan di Mekkah, 130 Orang Meninggal Dunia


Islamedia - Beredar informasi yang menghebohkan dibeberapa Group Whatsapp terkait rombongan Jamaah Umroh Ramadhan yang mengalami tabrakan beruntun sehingga mengakibatkan 130 orang meninggal dunia. 

Dalam pesan broadcast tersebut menganjurkan untuk mengecek kerabat atau saudara yang sedang Umroh, karena dikhawatirkan menjadi salah satu korban. 

"Innaalillaahi Wa Innaa Ilaihi Raajiu'un.. Update terkini..Kecelakaan tabrakan beruntun rombongan Umroh di Mekkah Ramadhan ini sebanyak 130 orang meninggal dunia.. Cek keluarga dan kerabat yg sedang pergi Umrah..!!Semoga Khusnul Khaatimah" demikian pesan broadcast yang diterima Islamedia dan dibarengi lampiran video, rabu(31/5/2017) pagi.

Penelusuran Islamedia, informasi broadcast tersebut adalah bohong alias HOAX. Beberapa media Arab Saudi memang memberitakan adanya kecelakaan bus, namun tidak seheboh seperti pesan broadcast di group-group WA..

Seperti dilansir kumparan, insiden kecelakaan terjadi pada Jumat malam pekan lalu (26/5/2017) terjadi di jalan tol antara Madinah dan Al Qassim, bukan terjadi di Mekkah.

Tabrakan terjadi beruntun, melibatkan truk kecil dan lima bus. Korban yang tewas bukan 130 orang, melainkan hanya 6 orang tewas dan 81 orang terluka. Sekitar 16 penumpang dalam keadaan kritis, 65 lainnya terluka ringan.

Tidak disebutkan apakah para korban adalah jemaah umroh, namun Arabian Business yang mengutip laporan pejabat setempat, bus yang terlibat kecelakaan baru kembali dari Riyadh dan yang menuju Uni Emirat Arab. 

Kecelakaan terjadi karena jarak pandang yang buruk karena cuaca. Sebuah bus yang berhenti di pinggir jalan dihantam beberapa bus dari belakang. [

Berikut ini video lain yang diunggah ke youtube oleh akun Fahad Alhazmi yang menampilkan kejadian yang sama pada jum'at, 26 Mei 2017.



islamedia]