Polisi Perpanjang Masa Penahanan Ustadz Al Khaththath Hingga 40 Hari


Islamedia - Ketua Forum Umat Islam Ustadz Muhammad Al Khaththath diperpanjang masa penahananya hingga 40 hari sejak selasa(8/4/2017). Informasi ini disampaikan langsung oleh Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

"Sudah kita perpanjang masa penahanannya, terus kita periksa," ujar Kabid Humas Polda etro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, seperti dilansir republika, Kamis (19/4/2017). 

Saat ditanya alasan perpanjangan penahanan Ustadz Al Khaththath, Argo tidak enggan mengungkapkan alasan penyidik memperpanjang penahanan merupakan subjektifitas penyidik. "Ya itu haknya penyidik lah ya, tentunya untuk penyidik," jelas Argo.

Meskipun beberapa pihak mendesak kepolisian agar segera membebaskan Al Khaththath, Argo menegaskan bhawa tidak ada yang dapat campur tangan dalam proses penegakan hukum. 

Hanya saja, Argo mempersilakan, jika mereka akan mengajukan penangguhan penahanan kepada Kompolnas, sehingga nantinya bisa dianalisa penyidik dipenuhi atau tidaknya. "Ya hukum tidak bisa diintervensi lah ya," katanya. 

Untuk menindaklanjuti kasus makar yang dituduhkan kepada Ustadz Al Khaththath, penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap delapan saksi, serta dua saksi ahli. "Sudah ada delapan saksi-saksi yang kita periksa, ada dua saksi ahli juga. Saksi ahli dari ahli bahasa dan ahli pidana," papar Argo. [islamedia]