Hafal Al-Qur'an 30 Juz, Kader Muhammadiyah Sumbar Dapat Beasiswa Belajar ke Jepang


Islamedia - Kader Muhammadiyah Sumatera Barat usia 21 tahun bernama Nindi berhasil menghafalkan 30 Juz Al-Qur'an. Nindi merupakan Santri dari Pondok Pesantren Tahfiz Qur'an Muhammadiyah Sawah Dangka, Bukittinggi.

Nindi merupakan satu-satunya perwakilan dari Sumbar lolos seleksi program pertukaran pelajar PP Muhammadiyah bersama 8 orang hafizh ke negeri Sakura Jepang.

Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Dr. H. Shofwan Karim Elhusein mengatakan Saya ikut berbangga bahwa Nindi hafizah 30 juza tahfizh quran Muhammadiyah Sawah Dangka bisa lolos seleksi pertukaran pelajaran ke Jepang.

Ini berkah dari Allah Swt, Nindi Santri PP Tahfiz Al-Quran Muhammadiyah Sawah Dangka, Bukittinggi bisa lolos seleksi dan sekarang sudah berada di Jepang bersama 8 mahasiswa lainnya,” ujar Dr Shofwan seperti dilansir sangpencerah, senin(16/1/2017).

Sementara Sekretaris Badan Kerjasama Hubungan Luar Negeri (BKHL) PP Muhammadiyah Dr. Wachid Ridwan mengungkapkan bahwa Pertukaran pemuda juga sudah berlangsung lama sejak 1974-2015 Indonesia-Canada World Youth Exchange Program, kemudian menjadi Youth Leader in Action lalu menjadi Global Youth fokusnya adalah international community development, cultural exchange dan language learning lalu Kapal Pemuda ASEAN dan Jepang sejak tahun 1974. 

Petukaran pelajar ini difokuskan pada friendship and partnership. Ada Indonesia-Australia dan Malaysia sejak 1981 fokusnya cultural exchange. Indonesia-Korea, China, India sejak 2010. Fokusnya youth collaboration. Belum lagi program irregular dengan Amerika seperti beasiswa short study pelajar, guru, studi pluralisme, budaya, bahasa, musik, kepemimpinan, wiraswasta dan pemerintahan.[islamedia.id]