Gurun Padang Pasir Panas di Jordania Berubah Menjadi Kebun Hijau Sejuk


Islamedia - Area gurun padang pasir di Jordania Selatan yang berdekatan dengan perbaasan Arab Saudi nampak berbeda dengan gurun pasir pada umumnya. Jika biasanya panas, maka gurun padang pasir yang bernama Wadi Rum ini terlihat penuh dengan kebun hijau yang sejuk.

Sperti dilansir albayan.ae (23/4/2014), Wadi Rum terdapat banyak lahan hijau yang kebun sayuran dari berbagai macam jenis seperti budidaya produk tanaman organik, seperti biji-bijian pakan, termasuk terong, kubis, buah ara, buah delima, kentang, zucchini, tomat dan sayuran lainnya.

Wadi Rum gurun di Yordania telah menjadi pertanian terbesar di situs Jordan, didirikan pada tahun 1986 di atas lahan seluas 2.000 hektar.

Tanaman pertanian yang tumbuh di Wadi Rum oleh perusahaan "Rum untuk pertanian organik" menggunakan teknik irigasi khusus dan metode pertanian, yang pernah digunakan di zaman Mesir kuno dan Nabataeans.

Untuk mengairi kebun berasal dari air yang berada di kedalaman 30 – 400 meter dibawah tanah. Air tersebut diangkat dengan teknologi pertanian sistem pivot water nozzles (nozel air berputar) sehingga menjadi irigasi sistemik bagi tanaman di sana.

Berikut ini foto-foto area Wadi Rum yang dipenuhi hamparan hijau sayuran dan buah.







[islamedia.id]