Hanya Janji Manis Ahok, Masjid TIM Dirobohkan dan Belum Dibangun Kembali


Islamedia - Nasib Masjid Amir Hamzah Taman Ismail Marzuki (TIM) sejak dirobohkan oleh Pemprov DKI Jakarta hingga saat ini belum ada kejelasan, sejumlah seniman mempertanyakan bagaimana kelanjutanya dan janji pemprov yang akan membangun kembali.

Seperti Seniman teater (dramawan) Jose Rizal Manua mempertanyakan nasib Masjid Amir Hamzah di Taman Ismail Marzuki (TIM) yang dirobohkan di era pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakilnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Saat itu Baik Jokowi maupun Ahok berjanji akan segera membangun kembali, namun hingga saat ini tidak ada kejelasan.

"Ketika Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI, Masjid Amir Hamzah di TIM itu memang dirobohkan. Saya sempat dengar dia berjanji akan membangunkan masjid yang sama di sekitar TIM. Ternyata sampai sekarang nggak ada buktinya. Padahal masjid itu bersejarah dan keberadaannya sama-sama dibangun bersamaan dengan adanya kompleks kesenian Taman Ismail Marzuki," ujar Jose Rizal Manua, di Jakarta, seperti dilansir republika, Selasa (13/12/2016).

Sementara itu, penyair terkemuka Taufiq Ismail mengatakan, Masjid Amir Hamzah dulu dibangun sebagai ikhtiar untuk melengkapi sarana ibadah bagi para pengunjung TIM. Masjid tersebut dibangun hampir bersamaan dengan berdirinya kompleks kesenian tersebut.

"Saya kira hanya berselang tiga atau empat tahun setelah kompleks TIM itu berdiri, yakni di awal 1970-an. Yang mengusulkan pendirian itu salah satunya adalah saya dan beberapa seniman lainnya. Yang saya ingat, yang mengusulkan pendirian dan pemilihan nama Masjid Amir Hamzah termasuk penyair Ajip Rosidi. Nama-nama pengusul yang lain tak saya ingat. Sudah sangat lama itu,’’ kata Taufiq.

Taufiq mengatakan, pemilihan Amir Hamzah sebagai nama masjid di TIM itu sangat bermakna. ’’Amir Hamzah itu seniman atau pujangga besar. Nama itu disandingkan dengan nama besar seniman Betawi yang sudah disematkan menjadi nama kompleks kesenian tersebut, yakni Ismail Marzuki. Saya berharap robohnya masjid TIM dapat jadi pelajaran dan hendaknya segera dapat penggantian,’’ katanya.[islamedia.id]