Ciamis Merubah Segalanya


Islamedia - Tadinya saya berpikir 212 akan lebih sedikit dari 411, Tapi sepertinya perkiraan saya salah, karena ada killer content bernama CIAMIS. 

Orang yang paham digital marketing pasti paham apa itu killer content. Berita Ciamis menasional dan mendunia meski "Media si itu" memberitakan cuma 80 orang saja peserta. Tapi, ini era sosial media di mana kebenaran akan terkonfirmasi dengan cepat sebagaimana hoax juga menyebar dengan cepat.

Dan aksi longmarch ribuan massa dari Ciamis menuju Jakarta bukanlah hoax. Dia adalah fakta gerakan berbasis ghirah pada agama dan Al-Quran - dari hati yang menyentuh hati setiap orang yang membaca. Kecuali kaum sebelah tentunya.

Killer Content itu valuenya harus dari hati dan jujur baru bisa menggerakan. Dan Ciamis menggerakan semuanya. 

Dari sumatera ada 100 bis yang bergerak. Dari Papua, Makassar dan semua pelosok Indonesia bergerak. Beberapa sahabat saya yang di 411 nggak ikut aksi, di 212 banyak yang memutuskan untuk hadir.

Kenyataan / teori tentang ini bisa kamu baca dibuku Malcom Gladwell berjudul tipping point, Bab Ketok Tular.



Bagaimana sebuah konten berisi fakta informasi yang menyebar dengan sangat cepat seperti wabah bisa merubah dan menggerakan kerumunan dalam jumlah tak terhingga untuk menuju tujuan yang sama.

Insyaa Allah sayapun akan turut serta, sampai ketemu nanti di Monas untuk berdoa bersama untuk negeri kita tercinta.


Iwan Hermawan