Kapolri Tito Akhirnya Izinkan Aksi Bela Islam Jilid 3


Islamedia - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian akhirnya mengeluarkan izin pelaksanaan Aksi Bela Islam jilid 3 yang akan dilaksanakan pada hari jum'at, 2 Desember 2016.

Izin Kapolri keluar setelah terjadi kesepakatan dengan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) bahwa pelaksanaan aksi dipindahkan dari Jalan Thamrin-Sudirman ke lapangan Monas dan dilaksanakan pada pukul 08:00 WIB hingga pukul 13:00 WIB.

Dicapai kesepakatan dilaksanakan di Monas, dari jam 8 sampai jam 1, lebih jelas lagi GNPF akan menjelaskan. Acaranya dalam bentuk zikir, tausiah doa dan diakhiri salat Jumat bersama,” ujar Tito di Gedung MUI, Senin (28/11/2016).

Menurut Tito, keputusan itu diambil karena aksi salat Jumat di jalan protokol akan mengganggu ketertiban umum dan jadi preseden buruk ke depannya. Menurut Tito, aksi seperti itu bisa diikuti oleh massa di daerah lain di Indonesia sehingga mengganggu ketertiban dan keamanan.

Awalnya alternatif aksi adalah di Masjid Istiqlal dan Lapangan Monas. Namun pilihan pertama tidak memungkinkan karena permasalahan akses, yakni penyempitan jalan yang bisa berujung pada penumpukan massa. Ditakutkan, akan ada massa yang terinjak-injak akibat penyempitan jalan ini. [islamedia.id]