Mahfud MD Sebut Quraish Shihab Bukan Satu-Satunya yang Benar Soal Tafsir Al-Maidah 51


Islamedia - Profesor Mahfud MD menegaskan bahwa penafsiran yang dilakukan oleh Quraish Shihab terkait Al-Maidah 51 bukanlah satu-satunya yang benar.

Pernyataan mantan Ketua MK ini disampaikan melalui akun twitternya ketika menanggapi tweet netizen yang menuliskan bahwa menurut Quraish Shihab dalam al-Misbah arti "pemimpin" bukan terjemahan yang pas dari "awliya".

"Kalau Quraish Shihab yang bilang begitu tentu benar. Saya setuju. Tapi ia bukan satu-satunya yang benar.  Yang penting dipahami saja, tak perlu ribut sendiri" tweet Prof Mahfud melalui akun twitternya @mohmahfudmd, senin(24/10/2016).

Prof Mahfud menjelaskan bahwa yang harus dijaga justru apa yang dalam kaidah usul fikih disebut "mafhum mukhalafah". "Sebab Kalau dijadikan anu saja tak boleh, apalagi dijadikan anu" jelas Prof Mahfud. 

Sebelumnya, Prof Mahfud menegaskan bahwa makna kata "Awliya" memiliki arti "Pemimpin" dalam konteks Surat Al-Maidah 51, bukan "Teman Setia" (baca:Mahfud MD : Kata "Awliya" di Al Maidah 51 Artinya "Pemimpin", Bukan "Teman Setia"). [islamedia.id]