Erdogan : Dewan Keamanan PBB Harus Direformasi



Islamedia - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan reformasi kepada Dewan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Erdogan menganggap tidak ada keadilan di tubuh PBB, dari 196 negara hanya 5 negara yang menjadi anggota tetap PBB dan tidak ada yang berasal dari negara Muslim.

Sekarang fungsi PBB harus direformasi. Tidak ada negara Muslim di antara lima – semua dari mereka adalah Kristen, non-Muslim. Pendekatan seperti apa itu? Apakah ini adil? Ini tidak adil !” tegas Erdogan sebagaimana dilansir middleeastupdate, ahad (10/4/2016)


Erdogan menegaskan bahwa dirinya encari dunia yang adil dan berkomitment untuk terus mengangkat isu reformasi PBB pada setiap pertemuan internasional dan menyerukan dibentuknya lembaga yang mewakili semua benua dan kelompok agama.

Dewan Keamanan PBB, yang memiliki tanggung jawab utama untuk memelihara perdamaian dan keamanan internasional, memiliki 15 anggota termasuk lima anggota tetap dengan hak veto atas resolusi apapun  yang terdiri dari Amerika Serikat, China, Perancis, Inggris dan Rusia.

Anggota tetap DK PBB sering menggunakan hak veto mereka untuk melindungi kepentingan mereka atau pihak-pihak dari sekutu mereka. [islamedia/mh]